Sejarah

6/recent/Sejarah-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

UIY: BENTUK CINTA KEPADA INDONESIA ADALAH DENGAN MENERAPKAN ISLAM


Mengomentari anggapan bahwa politisi atau aktivis dakwah yang ingin menegakkan penerapan Islam secara menyeluruh di dalam aspek kehidupan (kaffah) seolah-olah tidak mencintai Indonesia, Cendekiawan Muslim Ustadz Ismail Yusanto (UIY) menyatakan, justru itu adalah bentuk dari kecintaan terhadap Indonesia.

"Justru bentuk dari kecintaan kita kepada negeri ini dengan menerapkan Islam," ujarnya dalam program Fokus to The Point: Perjuangkan Syariah Islam, Cinta Indonesia? Di kanal YouTube UIY Official, Jum'at (6/9/2024).

Sederhananya, UIY lanjut menjelaskan, orang yang mencintai sesuatu tentu ingin sesuatu yang dicintainya itu menjadi baik dan tak ingin menjadi buruk.

"Nah sebaliknya, kalau bilang cinta tetapi rela saja yang dicintainya itu menjadi buruk dan tak mau menjadi baik, sebenarnya dia tidak cinta meskipun berbusa-busa mengatakan cinta," jelasnya.

Jadi, UIY menganalogikan, ibarat dokter yang betul-betul cinta kepada pasiennya tentu ingin pasiennya itu merasakan kesembuhan.

Maka kata UIY, untuk kebaikan pasiennya berdasarkan ilmu dokter akan menyampaikan aturan yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan kepada pasiennya.

Ia kemudian menuturkan, dalam keyakinan seorang Muslim bahwa Allah SWT adalah Dzat yang menciptakan alam semesta. Lalu Allah SWT menurunkan aturan, maka aturan itu ketika diterapkan akan membawa kepada kebaikan, termasuk kebaikan kepada diri pribadi, keluarga dan terlebih-lebih pada bangsa dan negara ini.

"Itu keyakinan gitu! Tidak mungkin Allah SWT itu menurunkan aturan yang itu justru menimbulkan keburukan. Nah dengan keyakinan ini, maka kemudian kita melakukan usaha untuk menjelaskan aturan-aturan itu di dalam berbagai persoalan yang dihadapi oleh negeri ini," tuturnya.

Ia pun menandaskan bahwa Indonesia saat ini sedang menghadapi banyak sekali masalah.

"Bagaimana mengatasinya? Maka, orang yang betul-betul cinta kepada negeri ini pasti dia akan berpikir keras bagaimana mengatasi persoalan ini sehingga bisa terselesaikan dengan tuntas gitu," harapnya.

UIY pun berpandangan bahwa akar dari masalah berbagai persoalan yang dihadapi negeri ini adalah tidak terlaksananya ketentuan-ketentuan atau aturan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.

"Dengan kata lain, ini negeri (masalahnya) tidak diatur dengan syariah Allah," pungkasnya.[] Muhar

Posting Komentar

0 Komentar