Sejarah

6/recent/Sejarah-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

UIY: MAKSIAT ITU ADALAH MELAKUKAN YANG HARAM DAN MENINGGALKAN YANG WAJIB


Cendekiawan Muslim Ustadz Ismail Yusanto (UIY) menyatakan bahwa maksiat itu adalah melakukan perkara yang haram dan meninggalkan perkara yang wajib.

"Apa itu maksiat? Maksiat adalah setiap pelanggaran terhadap syariah, melakukan yang haram dan meninggalkan yang wajib," tuturnya dalam tayangan singkat, di kanal YouTube Khilafah News, Minggu (22/9/2024).

Dan setiap maksiat, lanjut UIY, itu berdosa. Dan setiap maksiat yang berdosa, itu pasti akan menimbulkan fasad atau kerusakan.

Di titik ini, menurut UIY, penting harus diperhatikan bahwa kemaksiatan itu ada yang personal dan ada yang komunal.

"Kemaksiatan personal contohnya orang yang tidak salat, mabuk-mabukan, judi dan sebagainya yang itu pasti juga akan menimbulkan fasad, tapi fasad yang ditimbulkan sebatas personal atau pada level individu," imbuhnya.

Beda dengan kemaksiatan yang dilakukan secara komunal atau struktural seperti berlakunya sistem ekonomi kapitalistik, politik yang machiavellistik, sikap beragama yang sinkretistik, budaya yang westernistik dan sebagainya.

Itu semua ungkap UIY, akan menimbulkan kerusakan yang juga bersifat komunal, mengena pada seluruh masyarakat.

"Nah, di sinilah saudara! pentingnya mengaitkan perubahan yang kita inginkan dengan akidah dan syariah, karena pelanggaran terhadap syariah pasti menimbulkan fasad," gugahnya.

UIY pun mengingatkan, harus menjadi keyakinan bagi setiap Muslim, bahwa apa yang ditetapkan oleh Allah pasti baik, dan apa yang dilanggar dari ketentuan Allah pasti menimbulkan fasad atau keburukan.

"Karena itulah, maka mestinya kiita sebagai Muslim selalu menginginkan ketaatan kepada Allah. Bukan hanya pada level personal, tapi juga komunal. Dari sana akan terlahir baldah thayyibah warabbun ghafur. Insya Allah," tutupnya mengakhiri. [] Muhar

Posting Komentar

0 Komentar